Kamis, 29 Desember 2011

abstrak penelitian


EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP HASIL LOMPAT TINGGI PADA SISWA KELAS IV, V, dan VI
SD NEGERI 2 CIBIYUK

Oleh:
Galih Dwi Pradipta

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan tradisional lompat tali terhadap hasil lompat tinggi pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Cibiyuk.
Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-posttest design. Subyek dari penelitian ini adalah siswa putra Sekolah Dasar negeri 2 Cibiyuk kelas IV, V dan VI sebanyak 15 siswa baik saat pre test maupun post test. Teknik pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen yang digunakan tes lompat tinggi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat uji normalitas, dan uji homogenitas.
Hasil penelitian diperoleh t hitung sebesar – 9, 134 dan nilai t tabel sebesar 1,761. Oleh karena nilai t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas permainan tradisional lompat tali terhadap hasil lompat tinggi pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Cibiyuk. Besarnya efektivitas permainan tradisional lompat tali terhadap hasil lompat tinggi pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Cibiyuk adalah 13,71%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar